Pura Telaga Mas Lempuyang

Pura Telaga Mas Lempuyang terletak di Desa Pakraman Purwayu. Pura Telaga Mas Lempuyang adalah titik awal pendakian menuju Pura Lempuyang Madya, Pura Pucak Bisbis, Pura Pasar Agung Lempuyang dan Pura Lempuyang Luhur. Kalau bawa motor, pemedek bisa naik motor sampai ke parkiran Pura Telaga Mas Lempuyang. Nah kebetulan saat akan diadakannya Piodalan Panca Bali Krama ( saat nganyarin tanggal 13 Januari 2019 ), saya membawa motor jadi bisa sampai ke parkiran dan pemedeknya masih sepi hanya beberapa kelompok saja yang pedek tangkil. Kalau pemedek membawa mobil, parkirnya di parkiran Pura Penataran Lempuyang, menuju ke Pura Telaga Mas harus jalan kaki atau naik ojek yang sudah ada disana.

Sampai di Pura Telaga Mas, saya bersama keluarga berhenti istirahat sejenak sambil menunggu pemedek lain yang lebih dulu sampai selesai melakukan pemuspaan. Saya ambil beberapa potong video dan beberapa foto dari kamera handphone saya. Setelah mereka selesai, saya bersama rombongan kecil lain yang juga menunggu dari tadi mulai mengambil tempat duduk. Setelahnya Pemangku mulai nganter bhakti dan melakukan pemujaan. Setelah selesai melakukan pemuspaan dan mendapatkan wangsupada dan bija. Saya ambil kesempatan untuk ambil beberapa foto diri, kemudian ke kotak punia dan mepunia seikhlasnya, kemudian pulang tidak melanjutkan ke pura lainnya, karena mengajak anak kecil.

Nah...bagi semeton pemedek maupun warga net yang belum kesini...Yook tangkil ke Pura Telaga Mas Lempuyang!









Comments

Popular posts from this blog

Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Makna Tari Rejang Lilit Yang Merupakan Simbol Batu Lamben yang terkait dengan Sejarah Perang Tulamben

Batu Alien Merapi