PURA GOA GIRI PUTRI NUSA PENIDA

Pura Goa Giri Putri adalah pura yang terletak di dalam goa di Nusa penida. Pertama kali tirtayatra kesini saat masih jadi karyawan di Santai Hotel Amed. Kesini bersama rombongan karyawan Santai Hotel. Saat itu tangga dari parkir menuju mulut goa belum ada kanopi dan didalam goa juga belum ada batu sikatnya. Saat itu pulangnya juga kembali kemulut goa saat awal masuk ke mulut goa. Sekarang keluarnya dari ujung goa yang sudah dipasang tangga yang dulunya belum ada.

Kedatangan kedua saya sembahyang di Pura Goa Giri Putri saat service mesin pompa kolam renang di Ring Semeton Inn ( Sekarang Ring Semeton Resort & Hotel ). Saya kesini bersama istri dan anak laki-laki saya menyebrang dari dermaga Kusamba milik Caspla Bali ( sekarang sudah tutup ). Saya dipinjami sepeda motor oleh pemilik Ring Semeton Inn, kemudian membonceng istri dan anak saya menuju Pura Goa Giri Putri. Di perjalanan sering bertanya kepada penduduk lokal dimana lokasi Pura Goa Giri Putri. Sampai diparkiran pura, kemudian membeli perlengkapan yaitu canang dan dupa. Di plang pura tak lupa ambil beberapa foto ( Cekrek....cekrek ), kemudian naik tangga menuju bibir Goa. Sampai dibibir goa atau diluar goa ada pelinngih, kemudian sembahyang disana diantar oleh Jro Mangku. Setelah selesai baru memasuki lobang goa yang ukurannya sebesar tubuh manusia.

Didalam goa terasa lembab dan terdengar sesekali tetesan air jatuh dari langit-langit goa. Saat memasuki mulut goa jalannya dengan berjongkok setelah beberapa meter baru terdapat ruangan goa yang begitu luas. Sebelum sampai di Pura Pertama di dalam goa, saya ambil beberapa foto. Kemudian sembahyang, ada juga rombongan lain yang juga sembahyang disana, saya ikut gabung dengan rombongan tersebut. Setelah selesai kemudian melanjutkan ke Pura yang berada diatas dinding goa, naik melalui tangga gabung dengan rombongan lain juga diantar oleh Jro Mangku. Selesai Sembahyang kemudian menuju ujung goa, disini terdapat patung dewi kwam im. Disini kami sembahyang bertiga diantar oleh Jro Mangku. Disini kami saat sembahyang diperhatikan oleh wisatawan asing yang berwisata di dalam goa yang juga mengambil beberapa foto. Selesai sembahyang kami keluar melalui tangga dan menuju parkir.

Nah...yang belum tirtayatra kesini....Yok Ke Nusa Penida!





















Comments

  1. Pura yang unik dan menarik. Semoga selalu ajeg.
    Tirta Yatra Nusa Penida sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  2. Belum sempat tirta yatra Nusa Penida. Terutama mengunjungi Pura Goa Giri Putri. Padahala lokasinya dekat rumah temen namanya komang yong. Semoga segera bisa tirta yatra kesana.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Makna Tari Rejang Lilit Yang Merupakan Simbol Batu Lamben yang terkait dengan Sejarah Perang Tulamben

Batu Alien Merapi