Pura Penataran Agung Lempuyang

Pura Penataran Agung Lempuyang terletak di Banjar Purwa Ayu, Desa Tribuana, Abang, Karangasem. Pura Penataran lempuyang ada yang menyebut Pura Ayu Lempuyang. Pura Penataran Agung Lempuyang merupakan kelompok pura yang paling dasar yang ada di Gunung Lempuyang dan Pura Yang Paling Puncak di Gunung lempuyang yaitu Pura Lempuyang Luhur. Pura Penataran Agung Lempuyang merupakan salah satu kompleks pura yang merupakan Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur. Sesuai dengan arah mata angin memuja Dewa Iswara yaitu arah timur dengan warna putih.

Saya Tangkil kesini bersama keluarga saat nganyarin dalam rangka piodalan Panca Wali Krama yang diadakan di Pura Lempuyang. Kebetulan saat pedek tangkil kesini masih sepi hanya beberapa rombongan kecil yang melakukan persembahyangan. Saya datang kesini tanggal 13 Januari 2019, sedangkan puncak karya pada tanggal 20 Januari 2019. Saya kemudian bersama keluarga naik tangga paling kiri menuju Mandala Utama. Untuk wisatawan tidak diperkenankan masuk ke utama mandala. Sampai di mandala utama saya menunggu rombongan lain selesai melakukan pemuspaan. Sementara menunggu rombongan lain selesai muspa, saya menuju kotak punia dan mepunia seikhlasnya, kemudia dikasi dudonan Piodalan Panca Bali Krama. Selesai muspa saya ambil beberapa video dan foto dan sempat live di FB beberapa detik.

Yang menarik saat saya kesini adalah terlihat para wisatawan mancanegara berjubel di halaman pura menunggu antrean untuk ambil foto di candi bentar pura. Pintu Gerbang ( candi bentar ) ini menjadi ikon yang sangat terkenal dengan latar gunung agung. Foto-foto dari gerbang pura ini dengan foto wisatawan dengan berbagai pose bertebaran di dunia maya ( internet ). Karena bagi wisatawan yang berkunjung ke bali timur kalau belum dapat berfoto ditempat ini belumlah lengkap, Jadi foto dengan latar Gapura dan gunung agung adalah wajib kalau berkunjung ke bali timur.

Nah...Bagi yang pemedek yang mau tangkil kesini atau bagi warga net yang suka hunting foto...Yoookk ke Pura Penataran Agung Lempuyang!



Comments

Popular posts from this blog

Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Makna Tari Rejang Lilit Yang Merupakan Simbol Batu Lamben yang terkait dengan Sejarah Perang Tulamben

Batu Alien Merapi