Savana Munduk Cinta Tulamben

Savana Munduk Cinta Tulamben menjadi hits dan viral setelah lokasi ini dipergunakan oleh Polda Bali menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-91untuk menggelar kegiatan Gelora Garuda Merah Putih. Disamping sebagai tempat untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda juga untuk menyampaikan pesan perdamaian dari Bali untuk  Papua. Di Savana Munduk Cinta dibangun patung Burung Garuda Pancasila, patung ini terbuat dari sabut kelapa dan kelopak pembungkus bunga kelapa ( kloping ). Patung ini berdiri diatas gundukan bukit diantara padang tandus yang sangat luas. Musim kemarau yang panjang dan kering sehingga hanya terlihat bebatuan bekas lava letusan Gunung Agung dan beberapa pohon kecil, padang rumput yang kering serta tanaman khas yang disebut " blu ". 

Lokasi Savana Munduk Cinta di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasinya terletak di destinasi utama di Karangasem terutama penggila atraksi menyelam. Tulamben sendiri sejatinya terkenal karena panorama bawah lautnya, yang menjadi spot utamanya adalah bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada perang dunia kedua. 

Tulamben daratan juga tidak kalah menarik, walaupun tofografinya padang tandus yang sangat luas yang vegetasinya didominasi rerumputan dan bebatuan, namun menyajikan panorama yang luar biasa. Lokasi diantara pantai dan Gunung Agung adalah kredit tersendiri. Kalau dilihat dari tofografinya tempat ini cocok dipakai untuk shooting film baik kolosal maupun drama romantik. 

Kembali ke tempat yang diberi nama Savana Munduk Cinta, dimana patung Burung Garuda masih berdiri. Setelah kegiatan Gelora Garuda Merah Putih, patung ini masih tetap dibiarkan. Oleh netizen patung Burung Garuda ini dipakai sebagai backdrop foto selfie. Banyak masyarakat yang datang ke Savana Munduk Cinta dimana Patung Burung Garuda otomatis sebagai landmark dari tempat ini. Bahkan, hasil jepretan dari netizen yang datang ke tempat ini bertebaran di dunia maya.

Nah........yang belum kesini!
Yoooookkkk ke Savana Munduk Cinta Tulamben.


Comments

Popular posts from this blog

Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Makna Tari Rejang Lilit Yang Merupakan Simbol Batu Lamben yang terkait dengan Sejarah Perang Tulamben

Batu Alien Merapi