Museum Mini Sisa Hartaku

Kerangka Kerbau @Museum Mini Sisa Hartaku
Museum Mini Sisa Hartaku terletak di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kami berkunjung ke Museum Mini Sisa Hartaku saat liburan sekolah. Kami diantarkan dengan jeep ke museum ini dengan sopir yang bertindak sebagai guide. Kami naik mobil jeep dengan menggunakan helm ( helm yang biasa dipakai pekerja proyek ) menuju lokasi. Dalam perjalanan kami melewati pemukiman dan puing-puing bekas rumah penduduk yang masih tersisa karena amukan Gunung Merapi. Menikmati perjalanan dari atas jeep dengan guncangan yang sangat keras melewati jalanan berbatu ( makanya wajib pakai helm ). Sampai dilokasi mobil jeep diparkir rapi dan tidak lupa ambil beberapa foto dengan latar jeep.

Beranjak menuju museum, pertama yang diperkenalkan adalah miniatur rumah sebelum kena amukan letusan Gunung Merapi. Rumah yang masih tersisa sekarang difungsikan sebagai museum, jadi pengunjung bisa membayangkan dahsyatnya letusan dengan membandingkan rumah sebelum letusan ( miniatur rumah ) dan setelah letusan ( museum ). Selanjutnya terlihat kerangka hewan ternak yang dipajang di halaman rumah, menggambarkan hewan ternak hangus terbakar oleh letusan. Tidak lupa juga mengabadikan beberapa gambar. Pengunjung juga bisa melihat sepeda motor meleleh dan meliuk yang juga di pajang disana.

Jam Erupsi
Memasuki ruangan rumah, properti yang mencolok terlihat adalah lukisan foto Mbah Marijan. Properti yang menarik adalah jam erupsi. Jam erupsi adalah jam yang menandakan jam berapa letusan menghantam rumah tersebut sesuai jarum penunjuk jam. Di dalam ruangan juga ditemukan sepeda gayung dan properti lainnya. Memasuki ruangan yang lain dapat ditemukan perabotan rumah tangga yang meleleh menciut seperti panci, periuk, botol, dan lain-lain. 

Nah....bagi yang ingin melihat betapa dahsyatnya letusan Gunung Merapi tahun 2010.

Yookkk ke Museum Mini Sisa Hartaku!





Kerangka Sepeda Motor



Kerangka Kerbau

Comments

Popular posts from this blog

Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Makna Tari Rejang Lilit Yang Merupakan Simbol Batu Lamben yang terkait dengan Sejarah Perang Tulamben

Batu Alien Merapi