Pura Dalem Ped, Nusa Penida

Pura Dalem Ped terletak di Desa Ped, Nusa Penida. Pura Dalem Ped ada juga yang menyebut Pura Penataran Ped karena mengacu pada adanya penataran, ada yang menyebut Pura Dalem Ped karena ada dalemnya. Pura Dalem Ped adalah salah satu pura yang banyak dikunjungi oleh umat Hindu dari seluruh pelosok Bali. Umat Hindu datang dalam rangka melakukan persembahyangan atau tirta yatra. Kalau ada umat Hindu datang ke Nusa Penida melakukan persembahyangan, pasti datang ke Pura Dalem Ped. Keberadaan Pura Dalem Ped ini dikeramatkan dan aura mistis masih sangat kental jika Anda melakukan tirta yatra ke Pura ini. 

Di Pura Dalem Ped, Umat Hindu datang untuk melakukan persembahyangan pada hari-hari suci seperti tilem, purnama, dan hari baik lainnya. Umat Hindu datang untuk memohon keselamatan, kerahayuan, kesejahteraan, dan kedamaian. Konon, umat Hindu yang sembahyang di Pura dalem Ped tidak boleh menggunakan bunga pucuk, tidak boleh menggunakan saput poleng, dan tidak boleh menyanyikan lagu janger. 

Untuk mencapai Pura Dalem Ped, Anda bisa membeli tiket speed boat di pelabuhan Sanur atau pelabuhan Padang bai atau Anda juga bisa menumpang kapal fery roro dari Padang Bai. Nah, bagi yang datang ke Nusa Penida, sebaiknya pedek tangkil ke Pura Dalem Ped.







Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Makna Tari Rejang Lilit Yang Merupakan Simbol Batu Lamben yang terkait dengan Sejarah Perang Tulamben

Batu Alien Merapi